Senin, 10 Agustus 2009

Mengubah Sisi Negatif Pada Diri

Setiap manusia di dunia ini tidaklah dilahirkan sebagai manusia yang sempurna seutuhnya. Semua manusia dimuka bumi ini pastilah memliki kekurangan dalam dirinya baik yang diketahui orang ataupun tidak. Dalam menjalani hidup ini, perlulah kita mengikis sedikit demi sedikit setiap kekurangan yang kita miliki itu agar setiap kegiatan yang kita jalani dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita pikirkan.
Berikut adalah beberapa sisi negatif yang biasa kita jumpai dan rasakan pada diri kita dan tips bagaimana merubahnya :

1. Bekerja Seperlunya
Dalam melakukan sebuah pekerjaan terkadang kita menemui rasa MALAS di otak kita. Hal ini membuat segala pekerjaan yang telah kita rencanakan dengan baik menjadi berantakan. Semua berawal dari rasa malas yang membuat kita bekerja menjadi tidak optimal dan hanya seperlunya saja. Sikap seperti ini dapat berakibat atal terhadap hasil pekerjaan kita nantinya. Oleh karena itu ikutilah langkah-langkah berikut :
• Konsisten terhadap apa yang sudah kita kerjakan, buat pikiran kita konsentrasi terhadap pekerjaan yang sedang kita kerjakan.
• Selalu ingatlah terhadap tanggung jawab yang telah diberikan sehingga perasaan malas dan bekerja dengan seperlunya akan berkurang.
• Buatlah semua pekerjaan yang kita kerjakan semenyenangkan mungkin. Bagaimanpun caranya yang terpenting adalah kita nyaman dengan pekerjaan kita sehingga kita akan bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya.

2. Bergantung pada Orang Lain
Dalam menjalani hidup ini kita memang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Namun bukan berarti dengan begitu kita harus selalu tergantung kepada orang lain karena tidak selamanya orang-orang di sekitar kita akan selalu ada untuk membantu kita. Oleh karena itu perlulah kita ubah cara berpikir yang seperti itu dengan beberapa tips di bawah ini :
• Percayalah pada kemampuan diri sendiri. Percayalah bahwa setiap pekerjaan yang datang ke kita dapat kita selesaikan dengan kemampuan kita sendiri. Dengan rasa percaya kepada kemampuan diri sendiri itulah maka kita tidak perlu lagi bergantung dan menaruh harapan yang terlalu tinggi kepada orang lain untuk selalu membantu kita.
• Keluarkan semua potensi yang kita miliki karena pada dasarnya setiap manusia mempunyai potensi yang luar biasa hebat, tinggal bagaimana kita menoptimalkan semua potensi itu menjadi sebuah karya bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan potensi itu juga kita tidak perlu lagi bergantung kepada orang lain karena kita juga memiliki kemampuan untuk mengerjakan suatu pekerjaan sendiri.
• Beranilah mengambil setiap keputusan sesuai dengan keinginan kita tanpa pengaruh orang lain dan percaya bahwa setiap keputusan yang kita ambil adalah yang terbaik untuk kita.

3. Pemalu
Sikap ini merupakan sikap dimana seseorang tidak mau membuka jati dirinya yang sebenarnya kepada orang lain dikarenakan rasa malu yang berlebihan yang terdapat dalam diri sehingga tidak dapat mengeluarkan segala potensi yang kita miliki di hadapan orang lain. Sikap ini perlu kita minimalisir dengan cara :
• Tanamkan rasa percaya diri mulai sekarang. Percayalah apapun yang kita lakukan dihadapan orang lain tidak akan membuat kita menjadi manusia yang lebih buruk. Kita butuh membuka sedikit bagian dari kehidupan kita kepada orang lain untuk dapat dijadikan pelajaran bagi diri kita dan orang lain, begitu juga sebaliknya.
• Bersosialisasilah terhadap banyak orang. Hal ini dapat membuat kita lebih banyak mengerti apa yang orang-orang pikirkan, menambah pengetahuan akan hidup dari perjalanan hidup orang lain, dan kita dapat mengerti berbagai macam sifat yang orang lain miliki. Itu semua dapat kita jadikan pelajaran hidup kita.
• Mulailah berlatih untuk dapat berbicara di depan umum, entah dalam bentuk diskusi kelompok, menjadi pembicara di suatu kegiatan, dll
• Berusahalah mengeluarkan semua ide-ide kreatif yang kita punya untuk dibagi kepada orang lain sehingga tidak ada lagi rasa malu untuk berpendapat diantara sesama.

4. Cengeng
Kita sudah bukan anak kecil lagi yang seringkali mengeluarkan airmata dikala kita tertekan. Menangis memang terkadang perlu untuk mengekspresikan emosi kita, namun terkadang hal ini menjadi penghambat dikala kita sedang menjalani pekerjaan yang membutuhkan kesabaran ekstra. Berikut beberapa cara mengontrol air mata itu :
• Mulailah mengontrol emosi agar tidak labil. Dengan mngontrol emosi secara benar kita akan dengan mudah menata perasaan agar tidak mengais dikala kita tertekan.
• Berlatihlah sesekali untuk melewati masa-masa sulit yang membutuhkan mental yang kuat seperti dimarahi oleh orang lain, tanpa mengeluarkan air mata.
• Berpikirlah positif akan segala hal negatif yang terkadang orang lain pikirkan terhadap kita.
• Jangan memasukkan semua perkatan buruk orang lain terhadap kita agar emosi tidak terpancing.

Intinya....tidak ada manusia di dunia ini yang dilahirkan sempurna. Mulailah membenahi sisi negatif yang ada pada diri kita dari sekarang. Karena kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi?????Every begiinning is difficullt.....so semangat kawan!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar